Loading...
kesehatan

Ternyata ini Karbohidrat baik dan jahat !

Didunia ini ada yang baik ada yang buruk ya sahabat, tidak terkecuali dengan makanan yang kita makan setiap hari nya. Ada yang berdampak baik untuk tubuh dan ada yang berdampak buruk bagi tubuh kita. Sudah sepantasnya kita bijak memilih apa yang masuk kedalam tubuh kita. Hal ini tidak terkecuali untuk karbohidrat yang notabene nya

“Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk bahan bakar tubuh. Dan karbohidrat dipecah menjadi glukosa, sumber bahan bakar yang disukai otak,” kata Maggie Moon, R.D., penulis buku The MIND Diet.

Namun, tidak semua karbohidrat diciptakan sama. “Karbohidrat tidak jahat, tapi bentuknya dan porsinya berbeda-beda, dan ada pula yang lebih sehat dari yang lain,” kata Moon.

Lantas apa itu karbohidrat baik, dan apa perbedaannya dengan karbohidrat jahat? Cukup sulit bagi Moon untuk memberikan label ‘baik’ pada satu kelompok karbohidrat, dan ‘buruk’ pada kelompok yang lain.

“Karena saya tidak ingin mengutuk makanan atau menyebabkan ketakutan bagi orang-orang untuk mengonsumsinya,” kata Moon.

Namun secara umum, karbohidrat buruk adalah karbohidrat sederhana, karbohidrat olahan yang mengandung tambahan gula, dan biji-bijian olahan. Beberapa yang termasuk karbohidrat buruk yaitu soda, minuman energi, dan pasta. Lalu, yang termasuk biji-bijian olahan adalah seperti beras putih, roti putih, dan aneka roti.

Karbohidrat di atas masuk dalam kategori buruk, karena hanya menambahkan lebih banyak kalori, daripada nutrisi untuk tubuh. “Ini sama sekali bukan tawaran bagus untuk kesehatan kamu,” kata Moon.

“Mengonsumsi banyak karbohidrat rendah serat dan rendah gizi seperti di atas akan menyebabkan kelebihan kalori, cepat lapar, energi mudah berkurang, dan kenaikan berat badan,” kata Dana Angelo White, RD, penulis buku Healthy Air Fryer Cookbook.

Meski demikian, kamu tidak harus mengabaikan donat di depan mata ketika kamu benar-benar menginginkannya. Semua masih wajar bila kamu mengonsumsinya secara normal, tidak berlebihan.

Lantas, seperti apa karbohidrat yang baik? “Secara umum, karbohidrat sehat berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran,” kata Moon.

Semua itu masuk dalam kategori baik, karena kaya akan serat dan nutrisi. Kebanyakan dari karbohidrat baik mengandung magnesium, protein, vitamin, dan antioksidan. Semua itu memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh.

Contoh karbohidrat yang baik, yaitu quinoa, oatmeal, chickpea, edamame, apel, pisang, wortel, dan ubi jalar. Sebagian besar karbohidrat baik adalah karbohidrat kompleks. Untuk mencernanya, tubuh membutuhkan waktu lama. Jadi, kamu kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Jadi, itulah perbedaan antara karbohidrat baik dan karbohidrat buruk. Kamu tinggal pilih, mau makan yang mana untuk sehari-hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *